APLIKASI
KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI
Kepemimpinan, Organisasi dan Perubahan Lingkungan
Ada tiga jenis perubahan yaitu perubahan rutin, perubahan
pengembangan, dan inovasi. Mengelola perubahan adalah hal yang sulit. Ukuran
kapasitas kepemimpinan seseorang salah satu diantaranya adalah kemampuannya
dalam mengelola perubahan. Kemampuan ini penting sebab pada masa kini pemimpin,
akan selalu dihadapkan pada perubahan-perubahan, sehingga pemimpin dituntut
untuk mampu menyesuaikan dengan perubahan lingkungan. Pemimpin yang kuat bahkan
mampu mempelopori perubahan lingkungan. Ada empat tahap yang harus dilakukan
agar pemimpin dapat mengelola perubahan lingkungan. Tahap-tahap tersebut adalah
pertama, mengidentifikasi perubahan; Kedua, Menilai posisi organisasi; Ketiga,
Merencanakan dan melaksanakan perubahan; dan Keempat, Melakukan evaluasi. Untuk
memperoleh hasil yang diharapkan maka keempat langkah tersebut perlu dilakukan
secara berurutan dan berkesinambungan.
Kepemimpinan dan Budaya Organisasi
Tugas utama seorang pemimpin adalah mengajak orang untuk
menyumbangkan bakatnya secara senang hati dan bersemangat untuk kepentingan
organisasi. Dengan demikian pemimpin atau manajer harus mengarahkan perilaku
para anggota organisasi agar tujuan organisasi dapat tercapai. Para pemimpin
perlu membentuk, mengelola, meningkatkan, dan mengubah budaya kerja organisasi.
Untuk melaksanakan tugas tersebut, manajer perlu menggunakan kemampuannya dalam
membaca kondisi lingkungan organisasi, menetapkan strategi organisasi, memilih
teknologi yang tepat, menetapkan struktur organisasi yang sesuai, sistem
imbalan dan hukuman, sistem pengelolaan sumberdaya manusia, sistem dan prosedur
kerja, dan komunikasi serta motivasi.
Salah
satu cara mengembangkan budaya adalah dengan menetapkan visi yang jelas dan
langkah yang strategis, mengembangkan alat ukur kinerja yang jelas,
menindaklanjuti tujuan yang telah dicapai, menetapkan sistem imbalan yang adil,
menciptakan iklim kerja yang lebih terbuka dan transparan, mengurangi permainan
politik dalam organisasi, dan mengembangkan semangat kerja tim melalui
pengembangan nilai-nilai inti.
Kepemimpinan dan Inovasi
Dalam
membahas inovasi paling tidak ada duabelas tema umum yang berkaitan dengan
pembahasan tentang inovasi yaitu kreativitas dan inovasi, karakteristik umum
orang-orang kreatif, belajar atau bakat, motivasi, hambatan untuk kreatif dan
budaya organisasi, struktur organisasi, struktur kelompok, peranan pengetahuan,
kreativitas radikal atau inkrimental, struktur dan tujuan,proses, dan
penilaian. Kemampuan organisasi dalam mengelola keduabelas tema tersebut akan
menentukan keberhasilannya dalam melakukan inovasi.
Inovasi
berkaitan erat dengan proses penciptaan pengetahuan. Proses penciptaan
pengetahuan dilakukan dengan melakukan observasi atas kejadian, mengolahnya
menjadi data, lalu data dijadikan informasi, dan informasi diberikan konteks
sehingga menjadi pengetahuan. Pengetahuan inilah yang oleh pemimpin dijadikan
arah atau bekal untuk melakukan inovasi. Organisasi yang mampu secara terus
menerus melakukan penciptaan pengetahuan disebut sebagai learning organization.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar